Header Ads Widget

banner image

RENE DESCARTES DAN FILSAFAT

 Rene Descartes adalah seorang filsuf terkenal yang Desa La Haye, Prancis,tahun 1596. Rene Descartes mengemukakan pandanganya terhadap teori kebenaran bahwa " Kebenaran tertinggi berada pada akal budi  manusia". Rene Descartes memproklamirkan bahwa hanya akal atau rasio sajalah yang menjadi satu-satunya dasar yang bisa dipercaya, bukan iman atau wahyu. Rene Descartes juga menyebutkan bahwa :"Cogito Ergo Sum" yang berarti "aku berfikir maka aku ada".

Tahapan awal dalam penggalian kebenaran dilakukan Descartes melalui keraguan yang dimunculkan dalam dirinya. Berawal dari keinginan untuk menemukan metode yang ampuh dalam mencari kepastian hakiki dan ilmu pengetahuan, Descartes membangun suatu fondasi dasar dalam pencarian kebenaran tersebut yang biasa disebut sebagai “Metode Keraguan”.

"Metode keraguan dimulai dari meragukan segala sesuatu. Berpikir adalah meragukan segala sesuatu. Pada prinsip-prinsip pengetahuan manusia, Descartes menegaskan: Pertama, bahwa untuk mencari kebenaran, perlu sekali dalam perjalanan hidup kita untuk meragukan. Sebagai sejauh mungkin, dari semua hal. Kedua , bahwa kami juga seharusnya mempertimbangkan sebagai palsu semua yang diragukan."





RENE DESCARTES DAN FILSAFAT RENE DESCARTES DAN FILSAFAT Reviewed by Lamser J. Simanullang on April 24, 2023 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.